Menkes Budi Gunadi Berharap Status Endemi Dicapai 1,5 tahun

Menteri KesehatanBudi Gunadi Sadikinmenyakini penularan Covid 19 bisa dikendalikan dalam 1,5 tahun ke depan. Apalagi, cakupan vaksinasi di Indonesia cukup tinggi. "Per hari kemarin (17/3) sudah mencapai 194 juta orang yang berhasil disuntik diantaranya154 juta sudah 2 dosis. Waktu Indonesia pertama kali masuk vaksinasi. Saya ingat majalah terkenal dari The Economist mengatakan (pandemi ini) akan selesai 10 tahun, tetapi saya lihat tren nya seperti ini mudah mudahan tidak sampai 1,5 tahun sudah selesai," kata Budi dalam kegiatan vaksinasi booster dan donor darah di City Hall Pondok Indah Mall, Jumat (18/3/2022).

Menurut Budi, cakupan vaksinasi yang saat ini telah dicapai Indonesia merupakan upaya bersama dari semua komponen, termasuk gerakan perempuan. "Kalau ditanya kok vaksinasi Indonesia berhasil? Karena ini sudah terjadi gerakan di mana semua komponen bangsa melakukannya dan peranan dari komponen bangsa dan ibu ibunya ini luar biasa meningkatkan vaksinasi dan donor darah," imbuh mantan dirut Bank Mandiri ini. Organisasi Gerakan Donor Darah Perempuan Indonesia (GDDPI) yang diprakarsai oleh 8 organisasi perempuan Indonesia menggelar kegiatan vaksinasi booster dan donor darah di City Hall Pondok Indah Mall, 18 20 Maret 2022.

Kegiatan tersebut disambut positif oleh Menkes. "Vaksinasi dan donor darah ini tidak mungkin bisa berhasil tanpa bantuan ibu ibu. Karena ibu ibu yang bisa maksa suami dan anak anaknya ikut," kata dia saat ditemui usai pembukaan kegiatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.