Tips Menjaga Kondisi Mobil di Bulan Puasa, Perhatikan AC hingga Mesin

Saat bulan puasa, banyak aktivitas rutin yang akhirnya berubah atau tidak sesuai jadwal. Meski begitu, mobil sebagai sarana mobilitas tetap dibutuhkan dalam menjalankan rutinitas harian. Oleh karenanya, tetap wajib menjaga kondisi kendaraan supaya tidak bermasalah dan memberi rasa tenang di jalan.

"Memasuki bulan Ramadan yang penuh berkah dan rahmat, tentu harapannya kondisi mobil Toyota prima sehingga membantu membuat perasaan aman dan nyaman selama menjalani ibadah puasa sambil tetap bermobilitas. Kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa dan percayakan Auto2000 untuk menjaga performa mobil AutoFamily, terutama di bulan Ramadan ini," tutur Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara. Auto2000 memberikan enam tips mandiri menjaga kondisi mobil tetap prima, berikut langkah langkahnya : Aktivitas di siang hari cukup menguras stamina, apalagi kalau banyak waktu dihabiskan di jalan.

Emosi mudah terpicu apabila suasana hati tidak tenang lantaran AC kurang dingin. Oleh karena itu, pastikan sistem pendingin kabin mobil dalam kondisi dingin dan sejuk untuk memberikan rasa nyaman, apalagi kalau harus berhadapan dengan jalan macet. Di sisi lain sebagai pengemudi, wajib menjaga kondisi tubuh di bulan puasa. Jaga kebugaran diri mulai dari waktu sahur dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan protein, serta perbanyak minum air putih supaya tidak mudah dehidrasi. Saat berbuka puasa, harus tetap menjaga pola makan untuk menjaga stamina tubuh. Termasuk menjaga emosi ketika ada masalah di jalan karena ingat esensi puasa adalah menahan diri termasuk marah.

Kondisi mesin yang prima membuat hati tenang ketika mengemudi mobil. Tentu tidak ingin mobilnya mogok di siang hari yang terik ketika berpuasa. Pastikan oli mesin tidak kurang takarannya dan selalu diganti sesuai jadwal yang ditentukan. Periksa pula suara mesin ketika dinyalakan di pagi hari, terutama jika ada suara aneh yang tidak biasanya atau lampu indikator di panel instrumen menyala. Jangan pernah bosan memeriksa kondisi ban mengingat tugasnya yang berat dan sangat mengadalkannya di jalan. Ditambah, saat ini hujan masih sering turun dan membuat jalan basah.

Ban yang tidak dalam kondisi prima, seperti telapak ban sudah aus atau tekanan udaranya kurang, dapat menyulitkan di jalan. Bahkan jika dipaksakan sanggup memicu kecelakaan seperti mobil melintir akibat aquaplaning. Tidak hanya pengemudi yang wajib menjaga kebugaran tubuh di bulan puasa, mobil kesayangan juga wajib dijaga kebugarannya. Supaya mobil tidak dehidrasi, periksa cairan pendukung seperti air radiator, air wiper, minyak rem, dan cairan pendukung lainnya. Sekaligus, perhatikan kondisi cairan tersebut. Kalau kotor, segera ganti dengan cairan baru untuk menjaga kualitasnya.

Jangan biarkan komponen mobil yang rusak tidak diganti. Selain akan menyulitkan jika semakin rusak, umumnya masalah akan menjalar ke onderdil lain yang masih sehat. Seperti, shock absorber yang rusak dapat membuat komponen kaki kaki lain ikut rusak karena harus menopang kinerjanya. Pemilik tentu tidak mau biaya perbaikan justru melonjak akibat menunda mengganti spare parts yang sudah tidak laik pakai. Kalau tidak mau repot memeriksa mobil sendiri, dapat menjalankan servis berkala di bengkel Auto2000 atau memanggil petugas THS – Auto2000 Home Service.

Teknisi Auto2000 akan memeriksa seluruh komponen mobil dan memastikannya layak pakai untuk memberikan rasa tenang kepada pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.